Skripsi
WACANA PERSUASIF PADA MEDIA BROSUR PENAWARAN PELAYANAN JASA BIMBINGAN BELAJAR DI KOTA TEGAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA TAHUN 2012/2013
Penulis mengkaji empat masalah, yaitu (1) Bagaimana struktur wacana pada media brosur penawaran pelayanan jasa bimbingan belajar di Kota Tegal?, (2) Bagaimana teknik persuasif pada media brosur penawaran pelayanan jasa bimbingan belajar di Kota Tegal?, (3) Bagaimana penanda direktif-persuasif pada media brosur penawaran pelayanan jasa bimbingan belajar di Kota Tegal?, dan (4) Bagaimana penerapannya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sebenarnya atau sebagaimana adanya dengan tidak mengubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dengan metode simak dengan baca sebagai teknik dasarnya dan teknik catat sebagai teknik lanjutannya, serta menggunakan metode pustaka. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Dari analisis data yang penulis lakukan, diperoleh hasil (1) struktur wacana iklan media brosur terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian awal berupa judul dan subjudul, bagian tubuh/penjelasan, dan bagian penutup berupa penegasan dan tindakan. (2) teknik penulisan persuasif tiap-tiap media iklan brosur menggunakan teknik identifikasi, yang kemudian dikombinasikan dengan teknik lainnya, seperti teknik sugesti, dan teknik rasionalisme. (3) penanda direktif-persuasif yang digunakan tiap-tiap media iklan brosur adalah pada media brosur Ganesha Operation (GO) menggunakan penanda Ayo, tunggu apalagi daftarkan diri kalian sekarang juga!, pada media brosur Primagama menggunakan penanda Dapetin SuksesMu Disini!!!, pada media brosur Neutron Yogyakarta menggunakan penanda Learning is More Fun!, dan pada media brosur Bina Cendekia (BC) menggunakan penanda Ayo... Belajar di BINA CENDEKIA.
Pembelajaran menulis sangat penting dipelajari siswa terutama menulis wacana persuasif. Hal itu memiliki manfaat kelak jika siswa menjadi seorang yang memiliki aktivitas mempromosikan sesuatu dan membuat orang lain percaya.
15095012090 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain