Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DITINJAU DARI IQ SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 19 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata kunci : Keefektifan,TGT, IQ, Prestasi Belajar
Metode pembelajaran dan IQ salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan menggunakan metode TGT. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang menggunakan metode TGT dan kelas yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini juga untuk membuktikan adanya perbedaan prestasi antara peserta didik yang mempunyai IQ tinggi dengan IQ rendah, pada peserta didik kelas VIII SMP N 19 Tegal Tahun Pelajaran 20112/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester II SMP N 19 Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 100 peserta didik yaitu diperoleh dari kelas VIII C, VIII D, dan VIII E. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Intrumen yang teruji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua arah. Sebelum dianalisis terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Liliefors dan uji Barlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas.
Dari hasil analisis data diperoleh 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik matematika antara kelas yang menggunakan metode TGT dan kelas yang menggunakan metode konvensional. 2) prestasi peserta didik yang mempunyai IQ tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik dibandingkan konvensional. 3) prestasi peserta didik yang mempunyai IQ tinggi yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik dibandingkan konvensional. Pada peserta didik kelas VIII SMP N 19 Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Setelah melakukan penelitian dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika, metode TGT dapat dijadikan salah satu rujukan kearah yang lebih baik.
01709501149 | ANI k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain