Skripsi
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci: Resource Based Learning, Kreativitas Belajar Peserta Didik, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) apakah ada pengaruhkreativitas belajar peserta didik dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan metode Resource Based Learning dengan metode konvensional. (2)manakah yang lebih efektif antara pembelajaran Resource Based Learning dengan metode konvensionaldalam mempengaruhi kreativitas belajar peserta didik dan prestasi matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester II SMP N 2 Banjarharjo tahun palajaran 2012/2013 yang terdiri dari 8 kelas dan jumlahnya 311 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontol. Sampel sebanyak 78 peserta didik dipilih menggunakan teknik Cluster Sampling. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Resource Based Learning yaitu pembelajaran yang melibatkan interaksi antara peserta didik dengan berbagai sumber untuk memperoleh informasi yang seluasnya. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes. Angket berbentuk pernyataan dengan 4 alternatif jawaban, sedangkan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Instrument tersebut telah teruji validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikan 5%. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan sejumlah uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil perhitungan normalitas dan homogenitas, diperoleh kesimpulan kedua sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan kedua sampel homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis ragam multivariat satu arah (MANOVA ONE – WAY) dan T2 Hotteling dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan : (1) Metode Resource Based Learning berpengaruh terhadap kreativitas belajar peserta didik dan prestasi belajar matematika. (2) Metode Resource Based Learninglebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam mempengaruhi kreativitas belajar peserta didik dan prestasi belajar matematika.
01709501248 | MAS e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain