Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri Se-Kecamatan Bumijawa Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kreativitas Siswa, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika, 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika serta, 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, serta seberapa besar pengaruh variabel-variabel tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri Se-Kecamatan Bumijawa tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 690 siswa yang terdiri atas lima sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan cluster random sampling dengan taraf signifikansi 0,05. Mengacu pada table penentuan sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan Issac dan Michael diperoleh sampel sebanyak 235. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Pengujian instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang sebelumnya telah diujicobakan kepada 145 siswa. Uji hipotesis menggunakan ujiregresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kecerdasan emosional berpengaruh positif sebesar 68,36% terhadap prestasi belajar matematika, 2) kreativitas siswa berpengaruh positif sebesar 76,18 % terhadap prestasi belajar matematika, 3) Secara bersama-sama kecerdasan emosional dan kreativitas siswa berpengaruh positif sebesar76,14% terhadap prestasi belajar matematika.
01709501290 | SAN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain