Skripsi
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 17 Tegal Tahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Pengaruh,Metode Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), Prestasi Belajar Matematika.
Penggunaan metode pembelajaran merupakan salah satu yang mempengaruhi prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII semester II di SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah peserta didik ada 222 peserta didik yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel penelitian diambil dengan cara cluster random sampling yaitu pengambilan kelas secara acak. Dari pengambilan sampel maka didapat kelas sampel yang diambil adalah kelas A dan kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas C dan E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi bertujuan untuk mendapatkan data nama dan nilai rapor peserta didik sedangkan metode tes bertujuan untuk memperoleh data prestasi belajar. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis. Teknik analisis data dengan uji anava satu arah.
Hasil penelitian diperoleh bahwa, ada pengaruh penerapan metode pembelajaran Missouri Mathematics Project(MMP) terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Ajaran 2012/2013.
01709501312 | NOP p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain