Skripsi
OPTIMALISASI DAYA PADA MOTOR MEGA PRO 156 CC DARI PERUBAHAN DURASI DAN LIFT PADA NOKEN AS (CAMSHAFT )
Camshaft (istilah bengkel: noken as) merupakan salah satu mekanisme penggerak katup (valve). Di dalam motor empat langkah terdiri dari dua jenis katup, yaitu katub hisap (intake valve) dan katub buang (exhaustvalve). Katub hisap berfungsi untuk mengatur aliran campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder motor, sedangkan katub buang berfungsi untuk mengatur aliran gas buang ke luar dari silinder motor.Salah satu area mesin yang mengalami modifikasi yang trend saat ini adalah modifikasi pada noken as (chamshaft) bertujuan untuk meningkatkan performance mesin sepeda motor.Banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk keruang bakar di atur oleh durasi buka tutupnya katup yang menghasilkan kinerja mesin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui performa sepeda motor hasil modifikasi dari durasi noken as dan membandingkan daya pada sepeda motor tipe Honda Mega Pro 156 cc dengan menggunakan camshaft standar dari pabrik yang berdurasiasi 270 oLift 7 mm dengan camshaft modofikasi berdurasi 237 o Lift 8 mm, 248 o lift 8,75, dan 268 olift 10,3 mm.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Performa sepeda motor honda mega pro 156 cc dari hasil modifikasi durasi pada noken as yaitu terjadinya perubahan durasi camshaft yang dipercepat (237 o) dengan lif 8 mm dari standar (270 o) dengan lift 7 mm dan proses overlap di persempit menghasilkan daya yang maksimal dan semakin meningkat dan besar peningkatan daya (power) mesin pada motor honda mega pro 156 cc setelah diganti noken as berdurasi 237 o denggan lift 8 mm yang memiliki daya maksimum tertinggi sebesar 15,9 HP pada putaran mesin 9500 RPM, dibandingkan dari durasi noken as standar 270 o dengan lift 7 yang memiliki daya maksimum 10,2 HP pada putaran mesin 9500 RPM.
Kata kunci :camshaft, daya, dynotest
06408500463 | RIY o | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain