Skripsi
PEMBENTUKAN NILAI-NILAI DISIPLIN MELALUI KEGIATAN ESTRAKURIKULER PRAMUKA ( STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 1 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Kata Kunci : Nilai, Disiplin, Kepramukaan.
Disiplin adalah suatu sikap yang diwujudkan dengan perbuatan dalam melaksanakan tugas atau peraturan sesuai dengan waktu dan ketentuan yang ditetapkan.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis merumuskan permasalahan penelitian : (1) bagaimana kegiatan ekstrakurikuler dapat membentuk nilai-nilai disiplin? (2) faktor apa saja yang mempengaruhi dan membentuk kedisiplinan pada siswa kelas VII semester II Semester II SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembentukan nilai-nilai disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan faktor yang mempengaruhi dan membentuk kedisiplinan pada siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Landasan teoretis yang digunakan yaitu (1) menurut Kaelan (2008 : 87) Nilai adalah kemampuan yang dimiliki oleh suatu benda untuk memuaskan manusia (2) menurut Murtini (2008 : 10), disiplin adalah ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan sehingga dalam mengerjakan sesuatu menggunakan aturan atau ketentuan yang berlaku (3) kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran (Asep Herry Hernawan dkk, 2010: 12.4)
Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai maka dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu: (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara (3) teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh yaitu : (1) pelaksanaan pembentukan nilai-nilai disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas kelas VII Semester II dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan (2) faktor yang mempengaruhi dan membentuk kedisiplinan pada siswa kelas kelas VII Semester II yaitu : kesadaran diri, pengikutan dan ketaatan, alat pendidikan, dan hukuman.
Berdasarkan kesimpulan di atas, dalam penelitian ini penulis memberi saran : (1) bagi peserta didik melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebaiknya dengan adanya kecintaan terhadap kegiatan pramuka (2) bagi pembina diharapkan untuk mengikut sertakan kepramukaan di SMP Negeri 1 Warureja ketingkat Nasional (3) bagi sekolah diharapkan selalu memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada Pembina Pramuka dan para anggotanya agar dapat memaksimalkan semua kegiatan kepramukaan.
01209500826 | ENI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain