Skripsi
THE EFFECT OF USING ROUND TABLE TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (An Experimental Study to the Seventh Grade Students of SMP N 17 Tegal In the Academic Year 2012/2013)
Kata kunci : Kemampuan menulis siswa, Tekhnik round table
Objek skripsi ini menerangkan apakah tekhnik Round Table memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Tekhnik Round Table adalah salah satu dari tekhnik pembelajaran kolaboratif yang berfokus pada keterampilan menulis. Tekhnik Round Table mampu merangsang gaya imajinasi siswa, teknik ini juga mengajarkan siswa untuk berpikir cepat, kreatif, dan lebih dalam .
Berdasarkan teori, Hipotesis penelitiannya adalah penggunaan tekhnik Round table memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif, setelah di ajar dengan menggunakan tekhnik Round Table pada siswa kelas tujuh di SMP N 17 Tegal Tahun Ajaran 2012/2013.
Di dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh siswa kelas tujuh SMP N 17 Tegal yang berjumlah 180 siswa. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dengan dua kelompok design.Di dalam penelitian ini Sampel berjumlah 60 siswa. 30 siswa sebagai kelompok eksperimen yaitu kelompok siswa yang di ajar dengan menggunakan tekhnik Round Table dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang di ajar tanpa menggunakan tekhnik Round Table. Untuk mengecek kemapuan siswa dalam menulis teks Deskriptif, setelah mengajar selama tujuh kali pertemuan peneliti memberikan tes writing.
Data diujikan dengan menggunakan SPSS. Dari hasil data yang di hitung dengan menngunakan SPSS telah di peroleh skor t-test = 3,159. Skor untuk t-table pada signifikan 5 % dan pada taraf 58 adalah 2,021. Jadi skor t- test lebih tinggi dari pada skor t- table (3,159 > 2,021). Menurut perhitungan ini, hipotesis t- test adalah di tolak, dan hipotesis alternatifnya adalah di terima. Ini menunjukan adanya pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif antara siswa yang di ajar dengan menggunakan tekhnik Round Table dan siswa yang di ajar tanpa menggunakan tekhnik Round Table pada siswa kelas tujuh di SMP N 17 Tegal Tahun Ajaran 2012/2013. Menurut analisis, tekhnik Round Table memberi pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks Deskriptif. penulis memberi saran kepada guru bahasa inggris menggunakan tekhnik Round table untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.
01609502286 | RIZ t | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain