Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG REMAJA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NU 01 HASYIM ASY’ARI KEC. TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Perilaku Menyimpang Remaja
Latar belakang dalam penelitian ini didasari dari sebuah perilaku yang menyimpang atau biasa disebut sebagai kenakalan remaja yang dapat di kontrol atau diatasi apabila remaja mempunyai tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. Dari tingkat perkembangan kecerdasan emosional inilah peserta didik berperilaku dalam kehidupanya baik segi positif maupun segi negatif. Berangkat dari wacana tersebut di atas, maka penulis melakukan penelitian pada objek tersebut. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pemahaman dan perkembangan emosional peserta didik SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Kec. Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui pengaruhnya kecerdasan emosional terhadap perilaku menyimpang peserta didik SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Kec. Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Kec. Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 408 siswa dari 10 rombel atau kelas. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 10% dari seluruh siswa kelas VIII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Kec. Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diketahui adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku menyimpang peserta didik SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang diperoleh angka teoritik rhitung sebesar 0,653 yang kemudian dikonsultasikan dengan rtable pada taraf signifikan 5 %, dengan jumlah sampel N=40 dimana diperoleh diperoleh rtable = 0,312. Dan diperoleh rhitung = 0,653 > rtabel = 0,312.Sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima yang menyatakan “Ada ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku menyimpang remaja peserta didik kelas VIII SMP NU 01 Hasyim Asy’ari Kec. Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah pemberian materi tentang kecerdasan emosional terus ditingkatkan agar peserta didik dapat semakin baik dalam mengontrol atau mengendalikan emosinya dalam bersikap yang memicu kenakalan remaja baik disekolah maupun diluar sekolah. Kecerdasan emosional orang dapat mencapai tujuan dan dapat melatih kesabaran dalam menghadapi setiap permasalahan.
01109501277 | MAR p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain