Skripsi
TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT ( JAMKESMAS ) DI PUSKESMAS PANGKAH KABUPATEN TEGAL
Pokok-pokok Permasalahan dalam penelitian ini adalah : “Bagaimana tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Puskesmas Pangkah dan kendala-kendala apa yang dihadapi dalam pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Puskesmas Pangkah Kabupaten Tegal ?”
Tujuan dalam penulisan sekripsi ini adalah:
1. Ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Puskesmas Pangkah Kabupaten Tegal.
2. Ingin mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di Puskesmas Pangkah Kabupaten Tegal dan solusi pemecahanya.
Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian yang bersifat deskriptif maksudnya bertujuan untuk menggambarkan Tingkat kepuasan Masyarakat pada pelayanan jaminan kesehatan masyarakat (JAMKESMAS) di Puskesmas Pangkah Kabupaten Tegal. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan library research.
Analisis data yang dipergunakan penulis dalam menyusun skripsi ini adalah data yang bersifat desakriptif, yaitu analisis data yang menggunakan gambaran atas gejala dan kondisi yang ada ditempat diwujudkan dalam keterangan-keterangan sesuai keadaan yang sebenarnya peneliti lakukan di lapangan.
Berkaitan dengan penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa Tingkat kepuasan di Puskesmas Pangkah belum maksimal, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kenyamanan pasien yang belum terpenuhi, kelengkapan sarana dan prasarana penunjang yang kurang memadai, sikap petugas terhadap pasien yang kurang ramah serta ketrampilan petugas dalam melayani pasien yang masih rendah, sehingga target untuk mencapai pelayanan yang maksimal belum tercapai.
Saran untuk penelitian ini adalah agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang upaya-upaya apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat dengan vaiabel penelitian yang lebih luas dan sampel yang lebih banyak. Dengan demikian didapatkan suatu hasil penelitian yang akurat dan signifikan.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Masyarakat, Pelayanan JAMKESMAS
21095014260 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain