Skripsi
KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING MELALUI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII MTS NEGERI KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Kinerja Guru Bimbingan Konseling, Bimbingan Pribadi, Kedisiplinan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja guru bimbingan konseling melalui bimbingan pribadi dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Peserta didik di tuntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Rumusan masalah tersebut adalah adakah hubungan antara kinerja guru bimbingan konseling melalui program layanan pribadi dalam membentuk kedisiplinan peserta didik kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes, Tahun pelajaran 2012/2013, sementara tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kinerja guru bimbingan dan konseling dalam membentuk kedisiplinan peserta didik melalui program bimbingan pribadi pada kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan sebanyak 348, mengambil sampel 10% dari jumlah populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunaka teknik Claster quota random sampling dengan cara acak, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner, interview / wawancara, dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data antara lain : Instrumen penelitian Analisis deskriptif dan Analisis Statistik.
Hasil anlisis variabel kinerja guru bimbingan konseling ada dalam kategori cukup dengan prosentase 31,43%. Sedangkan untuk variabel kedisiplinan peserta didik ada dalam kategori baik dengan nilai prosentase 34,29%. Hasil perhitungan data penelitian dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara guru bimbingan konseling melalui program layanan pribadi dalam membentuk kedisiplinan peserta didik pada kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan . Dapat dilihat dari hasil analisis data nilai rhitung = 0,716, rtable = 0,334 dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa nilai rhitung > rtable yaitu 0.716 > 0.334 yang artinya Ha dapat diterima dalam kategori hubungan antara variable tinggi.
Saran penelitian kepada guru BK untuk selalu mengevaluasi satuan layanan yang tealah ada, dan terus meningkatkan metode-metode satuan pelaksanaan sesuai dengan kebutuhan dan permaslahan sekolah. Dan memantau serta membimbing semua kegiatan ekstra kulikuler yang ada disekolah untuk menumbuhkembangkan kemampuan disiplin peserta didik.
01109501154 | FIT k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain