Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS X SMK BHAKTI PRAJA ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Perilaku Agresif
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sikap agresifitas peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013 yand ditandai dengan adanya sikap menentang dan melanggar tata tertib, adanya sikap menekan/menindas kepada adik kelas, sikap dan perkataan yang tidak santun terhadap guru dan juga teman-teman di sekolah, serta sikap negatif lainya
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan pribadi dalam menangani perilaku agresif peserta didik kelas X SMK bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Pendekatan penelitian Untuk mengetahui Keefektifan layanan bimbingan pribadi dalam menangani perilaku Agresif peserta Didik kelas X SMKBhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah 55 peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Sementara jumlah sampel yang ditetapkan adalah 55 peserta didik, penetapan sampel menggunakan studi populasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Menentukan validitas intrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan menentukan reliabilitasnya menggunakan rumus alfa conbrach. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan rumus deskritif prosentasi dan rumus t-test
Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 12,341, Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5% atau (a,5%) dengan derajat kebebasan N-1 atau 55-1=54 dimana diperoleh ttable =2000 ternyata thitung = 12,341 > ttabel = 2,000 yang berarti hipotetis nihil yang menyatakan ”Tidak ada keefektifan layanan bimbingan pribadi dalam menangani perilaku agresif peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013” adalah ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan ”Ada keefektifan layanan bimbingan pribadi dalam menangani perilaku agresif peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran diajukan peneliti, layanan bimbingan pribadi harus didukung oleh jajaran seluruh anggota di sekolah, terutama dalam menangani perilaku agresif peserta didik menjadi lebih baik.
01109501383 | DWI k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain