Skripsi
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESENJANGAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR PESERTA DIDIK PEREMPUAN DAN PENANGANANNYA MELALUI BIMBINGAN SOSIAL KELAS X SMA NEGERI 1 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Faktor-faktor Kesenjangan Hubungan Sosial, Bimbingan Sosial.
Kesenjangan hubungan sosial pada peserta didik perempuan merupakan satu masalah yang harus ditangani karena dapat menghambat potensi diri. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kesenjangan hubungan sosial yang terjadi, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesenjangan hubungan sosial terjadi, apakah pelaksanaan bimbingan sosial dapat mengurangi kesenjangan hubungan sosial, dan bagaimana hasil penanganannya melalui bimbingan sosial terhadap kesenjangan hubungan sosial antar peserta didik perempuan kelas X SMA N 1Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesenjangan hubungan sosial antar peserta didik perempuan dan mengetahui bagaimana hasil dari penangannya melalui bimbingan sosial. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas X SMA N 1 Comal yang berjumlah 268 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster purposive random sampling dengan cara undian. Dari populasi diambil 27 peserta didik perempuan sebagai sampel. Variabel penelitian ini adalah bimbingan sosial (variabel bebas) dan faktor-faktor penyebab kesenjangan hubungan sosial antar peserta didik perempuan (variabel terikat). Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan angket (alat pengumpul data utama), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan t-test.
Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan hubungan sosial yang terjadi sangat tinggi dengan menunjukan presentase 37% sangat tinggi. Dari faktor-faktor yang sudah diketahui yang mendominasi adalah faktor internal yaitu 54,50%. Pelaksanaan bimbingan sosial dapat mengurangi kesenjangan yang terjadi dengan kriteria besar memperoleh 33,3%. Hasil penanganan melalui bimbingan sosial ada peningkatan dari dalam kategori buruk 26,9% menjadi dalam kategori baik 33,3% dan perbedaan dari kondisi sebelum dan sesudah penanganan.
Simpulan dari penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab kesenjanagan hubungan sosial meliputi faktor internal dan eksternal. Saran bagi sekolah adalah mengetahui faktor-faktor kesenjangan hubungan sosial sebelum menguranginya dan mamaksimalkan penanganan melalui bimbingan sosial.
01109501325 | KUR f | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain