Skripsi
KEEFEKTIFAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF TERHADAP LAYANAN CYBER COUNSELING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Keefektifan pendekatan rational emotif terhadap cyber counseling
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan pendekatan rationa lemotif terhadap layanan cyber konseling pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal?
Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan pendekatan rational emoti fterhadap layanan cyber konseling pada peserta didikkelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012-2013
Sebagai populasi dalam penelitian ini berjumlah 286 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013, dengan sampel berjumlah 40 peserta didik yang didapat dengan Purporsive Random Sampling, maksudnya adalah cara pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi.
Ujivaliditas dalam penelitian ini menggunakan kolerasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi dengan rumus product moment dan analisis deskriptif prosentase. Hasil uji coba try out di SMP N 19 Kota Tegal variabel “X” sejumlah 25 item angket dan variabel “Y” sebanyak 25 item angket di nyatakan valid danrealibel.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa pendekatan rational emotif dalam criteria baik sedangkan layanan cyber counseling dalam criteria baik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013, terdapat korelasi yang signifikan antara pendekatan rational emotif dengan layanan cyber counseling peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Hal inidapat dilihat dari hasil analisis data nilairhitung= 0,671, rtable = 0,312 dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa nilairhitung>rtableyaitu 0.671> 0.312 yang artinya Ha dapat diterima dalam kategori hubungan antara variable.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian bahwa adanya ada hubungan yang sidnifikan antara pendekatan rational emotif dengan layanan Cyber Counseling peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Saran yang diharapkan, Pendekatan rational emotif dapat diterapkan bukan hanya layanan cyber konseling saja, namun layanan-layanan bimbingan konseling yang dilaksanakan dalam program bimbingan konseling
01109501320 | EKO k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain