Skripsi
PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci : Model pembelajaran Quantum Teaching, ARIAS, Prestasi belajar.
Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu : Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan ARIAS? Jika ada perbedaan, model pembelajaran mana yang lebih efektif ? Mengacu pada permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching danARIAS. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang paling efektif antara Quantum Teaching dan ARIAS terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Randudongkal Tahun Ajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Randudongkal Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 198 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan peserta didik kelas VII C yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARIAS yang masing-masing berjumlah 40 peserta didik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi yang berbentuk pilihan ganda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama-nama peserta didik kelas VII dan nilai UAS matematika semester I tahun 2013. Metode tes untuk memperoleh hasil tes prestasi peserta didik materi pokok segitiga. Teknik analisis data menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
01709501235 | JAB p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain