Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA N 2 Pemalang dan SMA N 1 Bantarbolang Tahun Pelajaran 2012/2013 )
Kata Kunci : Pengaruh, Kemampuan Awal, Intensitas Belajar Siswa, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan awal, intensitas belajar yang mempengaruhi prestasi belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa (1) seberapa besar pengaruh kemampuan awal tehadap prestasi belajar matematika (2) seberapa besar pengaruh intensitas belajar tehadap prestasi belajar matematika (3) sebrapa besar pengaruh kemampuan awal dan intensitas belajar tehadap prestasi belajar matematika pada siswa Kelas X Semester II SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 dan seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bantarbolang Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 642 siswa yang tersebar pada 18 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 221 yang didapat dari 16 kelas dan dua kelas sebagai kelas uji coba yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, sebesar 71,99%; (2) ada pengaruh yang signifikan intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, sebasar 62,70%; (3) ada pengaruh yang signifikan kemampuan awal dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, sebasar 79,72%.
01709501272 | WIN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain