Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ELABORASI MELALUI METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP N 12 Tegal Pokok Bahasan Segitiga Tahun Ajaran 2011/2012
Kata kunci : Elaborasi, Problem solving dan Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran elaborasi melalui metode problem solving dengan metode konvensional, (2) mengetahui manakah metode yang lebih baik antara pembelajaran elaborasi melalui metode problem solving dengan metode konvensional.
Penelitian ini dilakukan di SMP N 12 Tegal pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 peserta didik yang terdiri atas 36 peserta didik kelas VIIA yang diberi pembelajaran menggunakan metode pembelajaran elaborasi melalui metode problem solving dan 38 peserta didik kelas VIIB yang diberi pembelajaran menggunakan metode konvensional. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes.
Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk menentukan ada tidaknya perbedaan antara kedua model pembelajaran tersebut dan uji-t satu pihak untuk menetukan model pembelajaran yang lebih baik diantara kedua model pembelajaran tersebut. Dari perhitungan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 5,364 . Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan derajat kebebasan 72 pada taraf signifikan 5% dimana diperoleh ttabel(0,95)(72) = 1,967. Sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan menerima Ha yang menyatakan “Ada perbedaan prestrasi belajar matematika yang menggunakan pembelajaran elaborasi melalui metode problem solving dengan yang menggunakan metode konvensional”. Selanjutnya menentukan pembelajaran manakah yang lebih baik yaitu dengan menggunakan uji t satu pihak, dari perhitungan uji t satu pihak diperoleh thitung = 7,689. kemudian dikonsultasikan dengan ttabel , dengan dk = 37 dan taraf signifikansi 5% didapat ttabel = 1,645, karena thitung > ttabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran yang menggunakan pembelajaran elaborasi melalui metode problem solving baik daripada metode konvensional.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa : (1) ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan pembelajaran elaborasi melalui metode problem solving dengan yang menggunakan metode konvensional, (2) metode pembelajaran elaborasi melalui metode problem solving lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional.
01708501428 | RIZ k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain