Skripsi
KONTRIBUSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PELAYARAN DATAR ( Studi Penelitian Pada Peserta Didik Jurusan Nautika Perikanan Laut SUPM Negeri Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 )
Kata kunci : Kontribusi, Kemampuan Penalaran Matematika, Intensitas Belajar,
Prestasi Belajar Ilmu Pelayaran Datar.
Mata pelajaran Ilmu Pelayaran Datar adalah mata pelajaran terapan matematika yang di ajarkan pada siswa sekolah perikanan maupun perkapalan dan merupakan bagian ilmu pengetahuan yang dalam pemahamannya memerlukan pemecahan masalah matematika. Penelitian di SUPM Negeri Tegal ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada atau tidaknya kontribusi kemampuan penalaran matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pelayaran Datar; (2) ada atau tidaknya kontribusi intensitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pelayaran Datar; dan (3) ada atau tidaknya kontribusi kemampuan penalaran matematika dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pelayaran Datar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Jurusan Nautika Perikanan Laut SUPM Negeri Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 127 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Quota Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 44 Peserta Didik yaitu diperoleh dari kelas II dan III. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa tes telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda, dan untuk instrumen penelitian berupa angket telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi poduct momen yang dilanjutkan dengan uji hipotesis t dan untuk analisis data akhir menggunakan uji korelasi ganda yang dilanjutkan dengan uji F. Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada kontribusi kemampuan penalaran matematika terhadap prestasai belajar mata pelajaran Ilmu Pelayaran Datar, dengan nilai r2 = 0,656; (2) ada kontribusi intensitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pelayaran Datar, dengan nilai r2 = 0,155; dan (3) ada kontribusi kemampuan penalaran matematika dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pelayaran Datar, dengan nilai r2 = 0,673.
01708501291 | IQB k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain