Skripsi
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA(STUDI PENELITIAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN AJARAN 2012/2013)
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write, Prestasi Belajar
Latar belakang penelitian ini adalah banyak faktor yang menjadi kendala keberhasilan dalam pembelajaran matematika yang salah satunya adalah strategi yang diterapkan dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2012/2013 antara yang diajar menggunakan strategi pembelajaran think-talk-write dengan pembelajaran konvensional.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II Smp Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 323 peserta didik yang terbagi menjadi 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini dari kelas VII A sebagai kelas uji coba, kelas VII B sebagai kelas eksperimen, kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t yang sebelumnya data ini telah diuji normalitas dan homogenitas.
Rata – rata nilai prestasi belajar siswa pada strategi pembelajaran think-talk-write ( kelompok eksperimen) sebesar 62,3 sedangkan rata – rata nilai prestasi belajar siswa pada model pembelajaran konvensional ( kelompok kontrol ) sebesar 57. Hal ini menunjukkan bahwa lebih baik strategi pembelajaran think-talk-write dari pada pembelajaran konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran matematika menggunakan strategi think-talk-write terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII semester genapSMP Negeri 1 Dukuhturi tahun ajaran 2012/2013.
01709501199 | NOV p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain