Skripsi
KEEFEKTIFAN STRATEGI GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DITINJAU DARI TES IQ Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata Kunci : Strategi Guided Teaching, Prestasi Belajar Matematika Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan antara strategi guided teaching dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas X semester II SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012 / 2013, (2) perbedaan antara strategi guided teaching dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas X semester II SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012 / 2013 yang ditinjau dari IQ di atas rata-rata dan IQ di bawah rata-rata, dan (3) Mana yang lebih efektif antara strategi guided teaching dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas X semester II SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012 / 2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester II SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 247 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X5 dan X6 sebagai kelas eksperimen, kelas X7 dan X8 sebagai kelas kontrol, dan kelas X2 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogen dengan uji Bartlett.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan antara strategi guided teaching dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas X semester II SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012 / 2013, (2) ada perbedaan antara strategi guided teaching dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas X semester II SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012 / 2013 ditinjau dari IQ di atas rata-rata maupun IQ di bawah rata-rata, dan (3) Prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan strategi guided teaching lebih efektif dibandingkan dengan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan strategi ekspositori bagi siswa kelas X semester II SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2012 / 2013.
01709501254 | AZI k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain