Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MEMANFAATKAN JARINGAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2012 / 2013 )
Kata kunci : Keefektifan, STAD, minat, prestasi belajar, matematika.
Pemanfaatan media jaringan sosial dalam dunia pendidikan sangat tepat dilakukan untuk pembelajaran matematika karena dapat menunjang dan mendukung kegiatan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan memanfaatkan media jaringan sosial lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Tegal.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dimana penelitian ini terdapat desain penelitian yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tegal yang berjumlah 161 peserta didik dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak empat kelas yaitu 2 kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen serta 1 kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (Dependent) dan variabel terikat(Independent). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah; tes dan angket. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket, dalam instrumen penelitian ini terdapat (1) uji validitas instrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas angket dan uji validitas tes, dan (2) uji Reabilitas instrumen penelitian terdiri dari uji reabilitas angket dan uji reabilitas tes, (3) Daya pembeda soal,(4) Tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data meliputi (1) uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis dengan uji manova yang dilanjutkan dengan uji T2-Hottling.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan memanfaatkan media jaringan sosial lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Tegal.
01709501181 | ALF k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain