Skripsi
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN RETENSITERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGANMODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SemesterII MTs NU WahidHasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : pengaruh, pemberian tugas, retensi, prestasi belajar matematika, model pembelajaran berbasis masalah
Keberhasilan prestasi belajar matematika tidak terlepas dari kemampuan peserta didik mengerjakan tugas dan mengingat materi, tetapi juga proses belajar. Materi kubus, balok, prisma dan limas menuntut peserta didik aktif memahaminya, sehingga melatih bersosialisasi dan memecahkan masalah secara mandiri, jadi digunakan model pembelajaran berbasis masalah. Pemberian tugas dan retensi merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian pada peserta didik kelas VIII semester II MTs NU Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah untuk menganalisis adanya : (1) pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah, (2) pengaruh retensi terhadap prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah, (3) pengaruh pemberian tugas dan retensi terhadap prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester II MTs NU Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, sebanyak 229 orang yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh 114 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) pemberian tugas berpengaruh positif sebesar 51,99% terhadap prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah, (2) pemberian retensiberpengaruh positif sebesar 55,84% terhadap prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah, (3) pemberian tugas dan retensi berpengaruh positif sebesar 65,94% terhadap prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah, (4) Peserta didik yang rajin mengerjakan tugas dan mempunyai retensi belajar yang tinggi terhadap pelajaran matematika dapat mengakibatkan prestasi belajar matematikanya cenderung lebih baik.
01709501260 | RIS p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain