Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DANPRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Proses Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Kelas XI Semester Genap di SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Komputer, Motivasi, Prestasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika, diantaranya adalah kesulitan dalam menghitung cepat, kemampuan logika, ketrampilan menulis atau menggambar dan rasa malas belajar matematika karena siswa memandang pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasilpada penerapan pembelajaran berbasis komputer terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika, dan untuk mengetahui metode pembelajaran yang lebih efektif antara metode pembelajaran berbasis komputer dan metode konvensional (ekspositori).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 240 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel untuk penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster random sampling, setelah diadakan pengambilan sampel maka terpilih kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa, kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa, dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas uji coba yang berjumlah 30 siswa. Untuk pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan beberapa teknik yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik kuesioner atau angket. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh nama siswa dari kelas-kelas yang akan diteliti, teknik tes digunakan untuk memperoleh hasil tes prestasi belajar matematika, teknik kuesioner atau angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar matematika siswa. Untuk pengujian hipotesis digunakan rumus MANOVA (Multivatiate Analysis of Variance) dan uji lanjutan T2 Hotelling.
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh simpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasilpada penerapan pembelajaran berbasis komputer terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika, 2) metode pembelajaran berbasis komputer masih lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (ekspositori).
01709501281 | EKO k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain