Skripsi
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : minat, keharmonisan keluarga, prestasi
Penelitian ini membahas minat belajar dan keharmonisan keluarga serta hubungannya dengan prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah hubungan minat belajar dengan prestasi belajar matematika, (2) untuk mengetahui adanya hubungan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar matematika dan (3) untuk mengetahui adanya hubungan minat belajar dan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Tegal Selatan tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Tegal Selatan tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 372 siswa yang terbagi dalam 2 sekolah, yaitu SMP N 7 Tegal dan SMP N 19 Tegal. Masing-masing sekolah terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi. Sebelumnya data diuji dengan uji liliefors dan uji bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika dengan tingkat hubungannya sebesar 83,6%. (2) ada hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar matematika dengan tingkat hubungannya sebesar 58,7%. (3) ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar matematika dengan tingkat hubungan yang diberikan sebesar 83,7% pada siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Tegal Selatan tahun pelajaran 2012/2013.
17095012320 | IKA h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain