Skripsi
PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KINERJA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Pengaruh, Kondisi Lingkungan Sekolah, Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar
Kondisi lingkungan sekolah yang merupakan lingkungan belajar siswa harus mampu menciptakan dorongan kepada siswa untuk belajar melalui sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, Peranan guru sebagai manajer dalam kegiatan belajar di kelas sudah lama diakui sebagai salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) membuktikan ada atau tidak pengaruh positif kondisi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika. (2) membuktikan ada atau tidak pengaruh positif kinerja guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar matematika. (3) membuktikan ada atau tidak pengaruh positif kondisi lingkungan sekolah dan kinerja guru dalam pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kramat yang terdiri dari 2 sekolah dengan jumlah siswa 645 siswa yang terbagi dalam 18 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 6 kelas dengan jumlah keseluruhan sampel 214 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Kondisi lingkungan sekolah memiliki pengaruh sebesar 45,44 % terhadap prestasi belajar matematika. (2) Kinerja guru dalam pengelolaan kelas memiliki pengaruh sebesar 69,83 % terhadap prestasi belajar matematika. (3) Kondisi lingkungan sekolah dan kinerja guru dalam pengelolaan kelas memiliki pengaruh sebesar 70,44 % terhadap prestasi belajar matematika. (4) Siswa yang memiliki penilaian tinggi terhadap kondisi lingkungan sekolahnya dan cara guru matematika dalam mengelola kelas dapat mengakibatkan prestasi belajar matematikanya cenderung lebih baik.
17095012460 | FRI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain