Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI IQ (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 4 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013
Kata kunci : Keefektifan, Alat Peraga, Prestasi Belajar Matematika, dan IQ
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan penggunaan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, (2) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan penggunaan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional ditinjau dari IQ di atas rata-rata, dan (3) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan penggunaan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional ditinjau dari IQ di bawah rata-rata.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester 2 SMP Negeri 4 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 288 peserta didik, yang terbagi dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cara Cluster Random Sampling, terpilih kelas VIII B sebanyak 36 responden sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII C sebanyak 36 responden sebagai kelas eksperimen 2 dan terpilih kelas VIII E sebanyak 36 responden sebagai kelas kontrol 1 dan kelas VIII F sebanyak 36 responden sebagai kelas kontrol 2. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data dengan menggunakan uji anava dua jalan dilanjutkan uji lanjut anava dengan uji Benferonni untuk mengetahui tingkat perbedaan perlakuan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan penggunaan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan penggunaan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional ditinjau dari IQ di atas rata-rata, dan (3) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan penggunaan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional ditinjau dari IQ di bawah rata-rata.
17095012110 | AKH k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain