Skripsi
EFEKTIVITAS METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MENDAPAT UMPAN BALIK TERHADAP PRESTASI BELAJARMATEMATIKA PESERTA DIDIK DITINJAUDARI KEMAMPUAN AWAL (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II MAN Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Efektivitas, Umpan Balik, Prestasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan mendapat umpan balik dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan tidak mendapat umpan balik. (2) efektif tidaknya antara metode pembelajaran pemberian tugas dengan mendapat umpan balik dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan tidak mendapat umpan balik pada peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi. (3) efektif tidaknya antara metode pembelajaran pemberian tugas dengan mendapat umpan balik dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan tidak mendapat umpan balik pada peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah.
Populasi penelitian ini adalah adalah kelas X semester II MAN Pemalang tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 408 peserta didik yang terbagi dalam 10 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan "cluster random sampling". Terpilih lima kelas, yaitu kelas X 2 dan X 4 sebagai kelas eksperimen, kelas X 3 dan X 5 sebagai kelas kontrol, masing – masing kelas berjumlah 40 peserta didik dan kelas X 6 sebagai kelas uji coba berjumlah 42 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika dalam bentuk pilihan ganda, instrumen tes diuji cobakan pada kelas uji coba kemudian di hitung validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran tes. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua arah dan uji benferoni.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan mendapat umpan balik dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan tidak mendapat umpan balik. (2) metode pembelajaran pemberian tugas dengan mendapat umpan balik lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan tidak mendapat umpan balik pada peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi.(3) metode pembelajaran pemberian tugas dengan mendapat umpan balik lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dengan tidak mendapat umpan balik pada peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah.
01709501206 | SEL e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain