Skripsi
STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN NHT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER II SMP N 19 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Kata Kunci : Studi Komparasi Keefektifan, Model Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini membahas kefektifan model pembelajaran untuk mengetahui: (1) mana yang lebih efektif antara model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran NHT terhadap prestasi belajar matematika, (2) mana yang mendapat prestasi belajar lebih baik antara peserta didik laki-laki yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan peserta didik laki-laki yang menggunakan model pembelajaran NHT dan peserta didik perempuan yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan peserta didik perempuan yang menggunakan model pembelajaran NHT, (3) mana yang lebih efektif antara model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran NHT yang ditinjau dari jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika.
Sumber data penelitian ini adalah kelas II SMP N 19 Kota Tegal 2012/2013, dengan jumlah 201 peserta didik yang terbagi dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan “ cluster random sampling”. Terpilih tiga kelas, yaitu kelas VIII F dengan jumlah peserta didik 32, kelas VIII C dan kelas VIII E dengan jumlah masing-masing peserta didik 34. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda. Teknis analisis data menggunakan uji anava dua arah dan uji Benferoni.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran NHT lebih efektif daripada model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar matematika, (2) prestasi belajar matematika peserta didik laki-laki lebih baik jika menggunakan model pembelajaran NHT daripada model pembelajaran STAD dan prestasi belajar matematika peserta didik perempuan lebih baik jika menggunakan model pembelajaran NHT daripada model pembelajaran STAD dan (3) model pembelajaran NHT lebih efektif diterapkan pada peserta didik perempuan terhadap prestasi belajar matematika.
01709501242 | MAR s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain