Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI STRATEGI ROUND TABLEDALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KEBAHASAAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Pembelajaran membaca kebahasaan dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakanya pengajaran yang diataranya menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa saat diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table.Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagi berikut : Siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table akan memperoleh prestasi penguasaan membaca kebahasaan lebih baik daripada saat siswa diajarkan tanpa model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table.
Penulis mengkaji dua masalah, yaitu : (1) Bagaimanakah kemampuan membaca telaah bahasa pada siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kramat sebelum dan sesudah dilakukan keefektifan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table ? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table efektif digunakan dalam pembelajaran membaca telaah bahasa pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kramat ?. Penulis menggunakan dua sampel kelompok yaitu (1) kelompok I ( klompok eksperimen ) siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table, (2) kelompok II ( kelompok kontrol ) yaitu siswa diajar tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes. Berdasarkan hasi penelitian tersebut rata-rata nilai kelompok ekperimen diperoleh thitung sebesar 5,47 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh thitung sebesar 3,19 dengan ttabel 1,70. Jadi pengajaran membaca kebahasaan lebih efektif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarakan kepada guru agar menggunkan model pembelajaran kooperatif melalui strategi round table dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
01509501336 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain