Skripsi
PENGARUH IQ DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE STAD (Suatu Penelitian pada PesertaDidik Kelas X Semester II SMK Negeri 1 AmpelgadingKabupatenPemalangTahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : IQ, Intensitas, Prestasi
IQ dan Intensitas belajar peserta didik sangat beragam, oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran STAD untuk meningkatkan prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh: 1) IQ terhadap prestasi belajar matematika, 2) Intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, dan 3) IQ dan intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika. Pada peserta didik kelas X semester II SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X TMO semester II SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 188 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas eksperimen dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, instrumen tes prestasi telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian pembelajaran matemtaika dengan metode STAD menunjukkan bahwa ada pengaruh: 1) IQ terhadap prestasi belajar matematika sebesar 5,95%. 2) intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 57,7%. 3) IQ dan intensitas belajar matematika sebesar 62,2% terhadap prestasi belajar matematika.
01709501222 | ERL p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain