Skripsi
PENGARUH SIKAP DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (Suatu Penelitian untuk Materi Pokok Logika Matematika pada SiswaKelas X Semester II SMK PGRI 2 Taman Kabupaten PemalangTahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Pengaruh, sikap, kemampuan penalaran, prestasi belajar matematika, strategi pembelajaran inkuiri
Penelitian ini membahas tentang sikapdan kemampuan penalaran sebagai faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri.Tujuan penelitian yang dilaksanakan di SMK PGRI 2 Taman kabupaten Pemalang pada siswa kelas X semester II tahun pelajaran 2012/2013ini adalah untuk menganalisis(1) pengaruh sikap terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran inkuiri, (2) pengaruh kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran inkuiri, dan (3) pengaruh sikap dan kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran inkuiri.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ semester II SMK PGRI 2 Taman kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 131 siswa yang terbagi dalam 3 kelas, dua kelas eksperimen dan satu kelas uji coba. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar matematika, tes kemampuan penalaran serta angket sikap siswa terhadap matematika.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) sikap berpengaruh positifsebesar 60,4% terhadap prestasi belajar matematika dengan strategi pembelajaran inkuiri (2) kemampuan penalaranberpengaruh positif sebesar 66,5%terhadap prestasi belajar matematika dengan strategi pembelajaran inkuiri(3) sikapdankemampuan penalaranberpengaruh positifsebesar 76% terhadap prestasi belajar matematika dengan strategi pembelajaran inkuiri (4)semakin tinggi sikap positif terhadap matematika dan kemampuan penalaran siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar matematika.
01709501153 | ERN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain