Skripsi
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 1 BODEH KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Pembelajaran, mata Pelajaran Pkn.
Karakter Bangsa Indonesia sekarang ini terbilang lemah bila dibandingkan dengan karakter sebelum zaman kemerdekaan, banyaknya kasus tawuran antar pelajar. Untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memperbaiki karakter bangsa.
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang : peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan Nilai-nilai Karakter dalam kegiatan pembelajaran melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. faktor penghambat dalam mengimplementasikan Nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Bodeh. Prosedur penelitian denganorientasi, eksplorasi, member check. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dengan editing, klasikal, memberi kode, penafsiran. Uji validitas menggunakan triangulasi, teknik penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peranan pendidikan kewarganegaraan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran bahwa siswa merasakan sekali dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan diantaranya selalu menanamkan nilai kedisiplinan, kejujuran, demokratis, religius, dan nasionalisme. Penerapan Nilai-nilai Karakter dalam kegiatan pembelajaran melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu guru selalu menyisipkan nilai-nilai dasar dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter. faktor penghambat dalam mengimplementasikan Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu faktor jam pelajaran yang terbatas, tingkat kecerdasan setiap anak, keluarga, pergaulan siswa baik di sekolah, tingkat afektif yang berbeda-beda.
Saran yang dapat diberikan adalah agar siswa selalu menerapkan nilai karakter agar menjadi siswa yang berpendidikan karakter bangsa. Guru agar bisa menggunakan waktu seoptimal mungkin dengan cara memberikan dan mengembangkan nilai-nilai karakter. Dan intensitas pembelajaran di sekolah di tingkatkan dalam penerapan nilai-nilai karakter yang sudah terbentuk dan menambahkan nilai karakter yang belum terlaksana.
01209500831 | WAH i | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain