Skripsi
PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : peranan orang tua , prestasi belajar
Kegiatan belajar seorang anak di sekolah maupun rumah tidak lepas dari keterlibatan orang tua. Karena pada dasarnya tugas pertama dan utama adalah mendidik anak.
Rumusan masalah penelitian ini ada tidaknya hubungan peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun 2012/2013. Tujuan penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan yang signifikan Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Bhakti Praja Talang sejumlah 153 responden, sedangkan yang dijadikan sampel sejumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes angket dan metode angket, instrumen angket tes prestasi belajar Pkn diuji dengan validitas dan reliabilitas Spearman Brown, sedangkan angket sikap diuji dengan reliabilitas alpha. Analisis data menggunakan korelasi product moment.
Peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Bhakti Praja Talang ternyata mempunyai hubungan yang cukup terhadap prestasi belajar siswa. secara kuantitatif diperoleh dari hasil korelasi product mement r = 0,402. Nilai ini positif dan lebih besar dari rtabel = 0,361. Karena rhitung > rtabel, maka hipotesis (Ha) yang mengemukakan ada hubungan yang cukup signifikan peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal tahun Pelajaran 2012/2013, terbukti secara empiris kebenaranya. Saran dari penulis bahwa peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor utama untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga perlu para guru perlu menginformasikan perkembangan hasil belajar siswa di sekolah yang berupa nilai ulangan harian dan ujian akhir semester yang diberikan setiap semester dan kenaikan kelas kepada orang tua siswa.
01209500799 | MUS p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain