Skripsi
PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DEMOKRASI PESERTA DIDIK MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Peranan Guru, Sikap Demokrasi.
Pembentukan sikap demokrasi peserta didik serta dalam pelaksanaan yang terjadi di sekolah menjadi suatu proses awal pengetahuan sangat penting untuk diketahuinya, serta juga bagaimana cara peserta didik mampumenerapkan ketika diluar sekolah terutama pada lingkungan masyarakat maupun dalam kehidupan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan sikap demokrasi peserta didik melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Sumber data penelitian ini adalah seluruh anggota organisasi siswa intra sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 60 peserta didik. Sampel diambil 40 dari populasi 60 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket (quisioner), uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown dengan teknik belahdua, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rhitung= 0,622 sedangkan rtabel untuk N = 40 sebesar 0,312 karena rhitung (0,622) > rtabel 0,312, maka dikatakan bahwa item nomor 1 adalah valid, demikian juga untuk perhitungan selanjutnya seperti contoh item nomor 1 tersebut. Dari 20 item diketahui semua item valid dan dapat dijadikan untuk penelitian.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu adanya peranan signifikan guru pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan sikap demokrasi peserta didik melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran dari penulis, hendaknya dalam pembentukan sikap demokrasi peserta didik melalui OSIS seharusnya guru lebih intensif dalam pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan agar peserta didik mampu menerapkan sikap demokrasi ketika dalam kepengurusan OSIS maupun lingkungan sekolah maupun pada kehidupan bermasyarakat, sehingga kelak menjadi warga negara yang berpikiran demokratis dan bertanggung jawab.
01209500846 | IMA p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain