Skripsi
HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN WAKTU LUANG DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA PGRI BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Hubungan, pemanfaatan waktu luang, prestasi belajar mata pelajaran ekonomi
Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pemanfaatan waktu luang dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara pemanfaatan waktu luang dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X sejumlah 90 siswa, yang terbagi dalam 4 kelas yaitu kelas X1, X2, X3, dan X4.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan waktu luang dengan prestasi belajar belajar mata pelajaran ekonomi diperoleh persamaan regresi yaitu : Y = 29,62 + 1,029 X, yang berarti bahwa pemanfaatan waktu luang mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Uji regresi diperoleh thitung =2,716 ˃ ttabel = 1,987 dengan taraf signifikansi sebesar 95 % . Hipotesis penelitian (Ha) yang diajukan dapat diterima yang menyatakan ada hubungan antara pemanfaatan waktu luang dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pemanfaatan waktu luang dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Artinya semakin tinggi pemanfaatan waktu luang maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya pada mata pelajaran ekonomi.
01309500683 | MAR h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain