Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK BHAKTI PRAJA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012/2013
Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual,Minat dan hasil Belajar
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/ latihan bagi peranannya di masa yang akan datang, oleh karena itu di perlukan metode yang tepat untuk dapat tercipta pembelajaran yang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan minat dan hasil belajar PKn antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan yang menggunkan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun ajaran 2012/2013.
Berdasarkan landasan teori, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho : Tidak tedapat perbedaan minat dan hasil belajar mata pelajaran PKn yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan yang menggunakan pembelajaran Konvensional dan Ha : Terdapat perbedaan minat dan hasil belajar mata pelajaran PKn yang menggunakan pembelajaran Kontekstual dengan yang menggunakan pembelajaran Konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun ajaran 2012/2013 yang berjumalah 161 peserta didik, Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol, kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas uji coba yang berjumalah 30 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes yang akan diberikan kepada sampel penelitian, dengan jumlah 20 butir soal angket dengan alternatif jawaban 4 , dan tes dengan jumlah soal sebanyak 20 soal pilihan ganda.
Hasil penelitian menjelaskan adanya perbedaan minat belajar antara kelas kontro yaitu 30% dan kelas eksperimen 40%, dengan menggunakan perhitungan Uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6,978. nilai thitung tersebut dikonsultasikan denganttabel pada tarafsignifikan 5% dengan derajat kebebasan N1 + N2 – 2 = 58 di mana diperoleh ttabel = 2,021 . Ternyatathitung >ttabel yaitu 6,978 > 0,021.
Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan minat dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran Kontekstual dengan yang menggunakan pembelajaran Konvensional, sehingga penggunaan pembelajaran Kontekstual sebagai metode pembelajaran mata pelajaran PKn dinilai peserta didik lebih efektif.
01209500861 | MAR k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain