Skripsi
PENGELOLAAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DALAM RANGKA PENINGKATAN PENERIMAAN RETRIBUSI DAERAH DI KABUPATEN PEKALONGAN
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelolaan mengenai retribusi pelayanan pasar dalam upaya meningkatkan penerimaan restribusi daerah yang ada di Kabupaten Pekalongan.
Tujuan yang hendak di capai dari pelaksanaan penelitian ini adalah ingin mengetahui deskripsi pengelolaan retribusi pelayanan pasar dalam upaya meningkatkan penerimaan restribusi daerah yang ada di Kabupaten Pekalongan, hambatan yang dihadapinya dan solusi dalam mengatasi persoalan tersebut.
Tipe penelitian ini adalah termasuk dalam klasifikasi deskriptif adalah jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kepustakaan.
Analisis data dilakukan dilakukan peneliti dengan menggunakan teknik analisis interpretasi. Berpijak pada teknik tersebut, peneliti akan membandingkan pendapat satu informan dengan informan lainnya yang terkait dengan tujuan penelitian serta data dan informasi penelitian untuk diolah menjadi suatu pengertian. Dengan demikian, peneliti akan memperoleh gambaran menyeluruh tentang pengelolaan retribusi pelayanan pasar yang dilakukan oleh Bidang Pengelolaan Pasar dalam rangka memperoleh retribusi pelayanan pasar yang optimal sekaligus mengetahui faktor-faktor yang menghambat Bidang Pengelolaan Pasar untuk memperoleh retribusi pelayanan pasar yang optimal..
Berkaitan dengan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Pengelolaan retribusi pelayanan pasar yang dilakukan oleh Bidang Pengelolaan Pasar dalam rangka mewujudkan retribusi pelayanan pasar yang optimal berupa: (1) Planning (Perencanaan) target yang telah direncanakan tidak dapat terpenuhi, (2) Organizing (Pengorganisasian) yang menunjukkan bahwa tugas-gugas yang dibebankan kepada petugas atau pegawai pasar dapat direalisasikan sesuai dengan tupoksinya, (3) Actualiting (Penggerakan) walaupun telah berupaya untuk dilakukan secara optimal namun dapat dilihat bahwa adanya kesan ketidakmampuan dalam menginterprestasikan kemampuan yang ada ini dibuktikan dengan tidak terpenuhinya target , dan (4) Controling (Evaluasi) telah dilakukan secara optimal dalam rangka mencapai hasil-hasil yang ditargetkan.
Saran untuk penelitian ini adalah agar pengelolaan pelayanan retribusi yang mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) yang dilakukan sesuai dengan tupoksinya dan optimalisasi semua sumber daya pegawai atau karyawan yang ada di jajaran Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM
Kata Kunci : Pengelolaan, Pelayanan Retribusi Pasar dan Retribusi Daerah
02109501388 | SUM p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain