Skripsi
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS RADEN FATAH GROBOG WETAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Nilai Demokrasi, Pendidikan Karakter Bangsa
Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman dan penerapan nilai-nilai karakter maupun nilai-nilai demokrasi pada diri seorang anak. Melihat pentingnya penanaman dan penerapan nilai-nilai demokrasi melalui pendidikan karakter bangsa pada saat proses pembelajaran PKn lebih ditekankan pada keteladanan dan kebiasaan yang diajarkan oleh gurunya kepada anak didiknya.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan nilai-nilai demokrasi. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat menerapkan dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam menerapkan nilai-nilai demokrasi.
Teori yang dicantumkan dalam penelitian ini bahwa nilai demokrasi adalah nilai-nilai dasar yang terdapat dalam negara demokrasi. Sedangkan pendidikan karakter adalah upaya sadar dari seorang guru untuk mengajarkan nilai-nilai kepada para peserta didiknya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling. Adapun penggunaaan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, pengecekan anggota dan ketercukupan referensial. Sedangkan teknik analisis data seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi dalam proses pembelajaran PKn melalui pendidikan karakter bangsa pada peserta didik kelas VII MTs Raden Fatah Grobog Wetan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 sudah cukup berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya pemilihan ketua OSIS dan ketua kelas, kegiatan diskusi dalam pembelajaran PKn, dan lain-lainnya. Sedangkan kendala pada penerapan nilai-nilai demokrasi seperti alokasi waktu pelajaran PKn yang terbatas, jumlah peserta didik kelas VII yang satu kelasnya terlalu banyak, dan sikap kurang seriusnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah diharapkan baik guru maupun peserta didik untuk selalu menerapkan, membudayakan, dan mengembangkan nilai-nilai demokrasi pada kehidupan di sekolah maupun di masyarakat.
01209500785 | IRM i | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain