Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PARAGRAF SECARA MEKANIK PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF TEKS BACAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Metode Paragraf secara Mekanik, Membaca Intensif .
Kemampuan membaca intensif pada siswa. Metode Paragraf secara Mekanik merupakan cara membaca dengan unsur-unsur yang ada pada paragraf, mata menghentikan geraknya pada setiap akhir paragraf, boleh saja mata menghentikan kerjanya sebelum akhir paragraf, jika ada tujuan tertentu yang berkaitan dengan pemahaman. Dengan penggunaan metode paragraf secara mekanik diharapkan siswa dapat menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan ketika proses pembelajaran berlangsung. Membaca intensif atau pemahaman adalah membaca dengan penuh penghayatan untuk menyerap apa yang seharusnya dikuasai oleh siswa.
Populasi penelitian ini dari hasil tes yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis, t hitung = 30,14 dan t tabel 1,68 dengan derajat kebebasan (dk) 32+32-2=1,68 pada taraf signifikasi 0,05 jadi, t hitung > t tabel (30,14 > 1,68 ). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal dapat yang diajar dengan menggunakan Metode Paragraf secara Mekanik dapat mengalami perubahan yang positif sehingga berpengaruh positif terhadap prestasi siswa yang lebih baik lagi. Adapun perubahan positif yang muncul pada siswa yaitu 1. Siswa dapat mencari dan memperoleh informasi yang mencakupi pemahaman isi bacaan. 2. Siswa dapat menambah penglaman dari teks bacaan yang dibaca sehingga siswa lebih aktif lagi dalam kegiatan membaca. 3. Siswa lebih aktif lagi dalam belajar dan menjadi senang yang nama nya membaca teks bacaan. 4. Mengatasi siswa yang kurang minat dalam belajar membaca.
01509501334 | MAR k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain