Skripsi
PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS POSTER MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Kata Kunci: Kompetensi menulis poster, pendekatan CTL
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 03 Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis poster siswa pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 03 Randudongkal.
Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus menempuh empat tahapan, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, monitoring tindakan, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes yang meliputi pretest, posttest I, posttest II dan nontes berupa lembar observasi untuk aktivitas siswa dan guru, sedangkan analisis datanya secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pretest nilai rata-rata kelas 59,09 dan yang mencapai tuntas belajar 1 siswa atau 2,27%. Setelah dilakukan pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 62,25 dan yang mencapai tuntas belajar 14 siswa atau 31,81%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest I telah terjadi peningkatan yang cukup baik tetapi belum memenuhi criteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 68 sehingga perlu diadakan perbaikan di siklus II. Kemudian setelah diadakan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata kelas lebih meningkat lagi menjadi 75 dan yang tuntas belajar 33 siswa atau 78,5%. Jadi, pendekatan CTL dapat dikatakan mampu meningkatkan kemampuan menulis poster siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 03 Randudongkal, Kabupaten Pemalang.
01511500149 | YUL p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain