Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA CATATAN HARIAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs WACHID HASYIM KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013
Kata Kunci: media catatan harian, menulis puisi
Penelitian ini membahas pemakaian media yang sesuai dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis puisi peserta didik, pelaksanaan pembelajaran menulis puisi, dan juga mendeskripsikan keefektifan media catatan harian dalam menulis puisi.
Sumber data penelitian eksperimen ini adalah peserta didik kelas VII MTs Wachid Hasyim Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes 2012/2013, sampel penelitian ini berjumlah 76 peserta didik yaitu 38 peserta didik sebagai kelas kontrol dan 38 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Sedangkan datanya berupa karya peserta didik yang diwujudkan dalam sebuah puisi. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji t (non independen dan independen).
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis puisi peserta didik (kelas eksperimen dan kelas kontrol) masih rendah, pemebelajaran yang berlangsung belum menumbuhkan minat dalam menulis khususnya puisi. Namun setelah diterapkan media catatan harian dalam pembelajaran, hasil belajar (pos tes) peserta didik menjadi lebih baik.
Dibuktikan dari hasil analisis keterampilan menulis puisi dengan taraf signifikasi 0,05 thitung 3,77 ttabel df 74 =1,67 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi, media yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi, yang sebelumnya 11 peserta didik atau 28,9% meningkat menjadi 25 peserta didik atau 65,7%.
Simpulannya bahwa pembelajaran menulis puisi dengan media catatan harian lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media catatan harian.
01509501211 | HID k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain