Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL- IRSYAD TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: metode contextual teaching and learning, pembelajaran menulis puisi pada peserta didik.
Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian bertujuan: 1)) Untuk mengetahui kemampuan mnulis puisi pada peserta didik kelas X SMA AL-IRSYAD Tegal.
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimen. Penelitian eksperimen adalah suatu cara untuk memberi hubungan sebab akibat (hubungan kualitas) antara dua faktor yang ditimbulkan oleh penulis dengan faktor – faktor lain yang dapat menganggu. Penelitian ini dimaksudkan apakah metode pendekatan kontekstual efektif dalam pembelajaaran menulis puisi.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA AL-IRSYAD Tegal. Yang berjulah 141 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Siswa sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 57 siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas pertama (X3) berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas kedua (X5) berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, pengambilan sampel secara acak yaitu kelas X3 yang dilakukan dengan mencari referensi yang berkaitan dengan nilai Berjumlah 28 siswa kontrol dan X5 Berjumlah 29 siswa eksperimen penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel uji/eksperimen; yaitu metode kontekstual dan variabel kontrol; yaitu pembelajaran menulis puisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan kolerasi uji t-non independen dan uji t-independen, setelah rasio t di peroleh, selanjutnya membandingkan rasio t tersebut dengan nilai t tabel dan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian ini adanya peningkatan menulis puisi dengan menggunakan metode kontekstual. Hal ini dapaat dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 3,366 ternyata lebih besar dari tabel pada taraf signifikasi 5% 2,002. Penelitian ini telah membuktikan keefefektifan metode kontekstual dalam meningkatkan menulis puisi pada siswa kelas X SMA AL- IRSYAD Tegal. Peningkatkan menulis puisi pada siswa dapat dilihat dari hasil pretes dan postes pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup berarti.
01509501229 | ALI k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain