Skripsi
PERBEDAAN DIALEK PEMALANG TIMUR DAN DIALEK PEMALANG SELATAN PADA SISWA SMA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata kunci :Dialekdanimplikasi pembelajaran.
Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu, (1) bagaimanakah wujud dialek Pemalang Timur, (2) bagaimanakah wujud dialek Pemalang Selatan, (3) bagaimanakah perbedaan antara dialek Pemalang Timur dan Pemalang Selatan dari aspek fonologis, morfologis, sintaksis, semantik, dan leksikal, (4) bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran bahasa di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perbedaan dialek Pemalang Timur dan dialek Pemalang Selatan, (2) mengidentifikasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode simak serta teknik rekam dan catat, karena penulis tidak terlibat dalam dialog atau konversasi (percakapan). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tuturan langsung antara siswa Pemalang Timur dan siswa Pemalang Selatan di SMA Negeri 1 Pemalang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujaran atau tuturan yang seolah-olah berbeda tapi bisa saling komunikasi dan dihasilkan dalam situasi tidak resmi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan dialek antara siswa Pemalang Timur dan siswa Pemalang Selatan relatif santun dan baik. Penulis menemukan sepuluh data tuturan percakapan dan mengandung lima aspek yang diteliti dari segi (1) fonologi, yaitu variasi fonem dan korespondensi konsonan, (2) morfologi, yaitu perbedaan dalam aspek afiksasi, (3) sintaksis, yaitu perbedaan pilihan kata depan atau preposisi, (4) semantik (5) leksikal.
Implikasi dalam pembelajaran bahasa di SMA adalah dalam pembelajaran ketrampilan berbicara, kemungkinan besar akan mampu menumbuhkembangkan potensial intelektual, sosial, dan emosional yang ada dalam diri siswa. Dengan demikian mereka mampu berkomunikasi dan berinteraksi sosial secara matang, arif, dan dewasa serta santun.
01509501176 | SAB p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain