Skripsi
KEEFEKTIFAN TEKNIK TRANSFORMASI CERPEN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: menulis, naskah drama, teknik transformasi, dan cerpen.
Pembelajaran menulis naskah drama dinilai lebih efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna (meaningfull). Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran transformasi cerpen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes? (2) bagaimanakah penggunaan teknik transformasi cerpen dalam proses pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes? (3) apakah teknik transformasi cerpen efektif dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes?
Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes. Jumlah responden sebanyak 73 siswa, yang terdiri dari kelas ekperimen (XI IPA 4) berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol (XI IPS 1) berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif, yakni menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan nontes.
Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis hasil pretes dan postes, yang dilakukan dengan menggunakan uji t independen. Berdasarkan analisis terhadap skor pretes dan postes kemampuan menulis naskah drama di kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 5,79. Sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dan df 71 = 2,00. Perbedaan tersebut menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Hal ini menunjukan bahwa teknik transformasi cerpen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Simpulannya, yaitu: (1) berdasarkan hasil pretes dapat dikatakan bahwa hasil kemampuan menulis naskah drama pada kelas XI SMA Negeri 3 Brebes dapat dikatakan cukup. Ini dapat dilihat dari hasil pretes kelas kontrol (XI IPS 1) rata-rata sebesar 64, sedangkan pada kelas eksperimen (Kelas XI IPA 4) rata-rata sebesar 68,88, (2) penggunaan teknik transformasi cerpen dalam proses pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Brebes dapat lebih memotivasi siswa dalam belajar memahami cara menulis naskah drama, sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan, dan (3) teknik transformasi cerpen dalam pembelajaran menulis naskah drama dapat dikatakan efektif. Hal itu dapat terlihat dari hasil analisis thitung dan ttabel. Dari hasil analisis data yang menggunakan t-tes pada taraf signifikansi 5%, diperoleh ttabel sebesar 2,00, sedangkan thitung sebesar 5,79. Data tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel.
01509501301 | TUT k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain