Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE SQ3R DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS X SMAMUHAMMADIYAH O3 COMAL KAB. PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Metode SQ3R, Membaca Pemahaman.
Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting bagi siswa. Keterampilan membaca dapat dikuasai jika dilakukan secara berulang-ulang, teratur dan terarah. Membaca memberikan andil yang besar dalam nilai-nilai kehidupan, baik kehidupan dunia maupun kehidupn kemasyarakatan. Oleh sebab itu, keberadaan membaca perlu diupayakan secara maksimal. Salah satu keterampilan membaca yaitu membaca pemahaman.Penelitian yang dilakukan penulis ini memiliki tujuan, untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimanakah keefektifan metode SQ3R dalam meningkatkan keterampilan membca siswa kelas X SMA Muhammadiyah 03 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penulis mengajukan hipotesis, bahwa siswa kelas X SMA Muhammadiyah 03 Comal memiliki kemampuan menggunakan metode SQ3R dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengelompokkan sampel menjadi 2 (dua) kelompok yang masing-masing terdiri dari 11 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan observasi. Untuk menganalisis digunakan rumus korelasi uji t nonindependen dan rumus korelasi uji t independen. Populasi penelitian ini diperoleh dari hasil tes yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis t hitung = 5,16 dimana t tabel dengan derajat kebebasan (dk) 11=11-2 = 1,796 pada taraf signifikasi 0.05 haraga t tabel 1,796. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t hitung lebihbesar dari t tabel (5,16 >1,796). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Muhammadiyah 03 Comal Kabupaten pemalang yang diajar menggunakan metode SQ3R mengalami perubahan perilaku yang positif, sehingga berpengaruh pula terhadap prestasi siswa yang lebih baik.
01509501259 | MEG | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain