Skripsi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA ANAK INDONESIA HANG TUAH KESATRIA MELAYU KARYA NUNIK UTAMI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA BERKARAKTER DI SMP
Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan, cerita anak, alternatif pembelajaran
Dalampermasalahanskripsiinidirumuskansebagaiberikut: (1) Bagaimananilaipendidikan yang terdapatdalamcerita anak Indonesia yang berjudul Hang Tuah Kesatria Melayukarya Nunik Utami? (2) Bagaimanacerita anak tersebut dapat dijadikan pembelajaransastraberkarakter di SMP? Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikannilaipendidikan yang terdapatdalam cerita anak indonesia yang berjudul “Hang Tuah Kesatria Melayu”karya Nunik Utami. (2) Mendeskripsikancerita anak tersebutsebagai pembelajaran sastraberkarakter diSMP.
Sumber data dalam penelitian ini adalah cerita anak yang berjudul Hang Tuah Kesatria Melayu karya Nunik Utami. Wujud data dalam penelitian ini berupa cuplikan/penggalan wacana yang mengandung nilai-nilai pendidikan dalam cerita anak yang berjudul Hang Tuah Kesatria Melayu karya Nunik Utami. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, yakni suatu cara kerja penelitian dengan mencari data atau informasi dari buku-buku yang menunjang kelengkapan teori sastra mampu menjawab permasalahan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu memanfaatkan cara-cara penafsiran dengan menyajikannya dalam bentuk deskripsi.
Berdasarkan hasil pembahasan tersebut nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita anak yang berjudul Hang Tuah Kesatria Melayu meliputi nilai-nilai pendidikan religi ada 5 kutipan denganpersentase 13,89% nilai pendidikan moral yang berjumlah 18 kutipan dengan persentase 50% dan nilai pendidikan sosial yang berjumlah 13 kutipan dengan persentase 36,11%. Wujud nilai pandidikan yang disampaikan tercermin melalui perilaku tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut, berupa hubungan antara manusia dengan Tuhan atau hubungan manusia dengan sesama manusia.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cerita anak yang berjudul Hang Tuah Kesatria Melayukarya Nunik Utami dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran sastra berkarakter di SMP. Selain itu, wujud nilai-nilai pendidikan dalam cerita anak tersebut juga baik untuk diajarkan pada anak-anak didik karena isi yang terkandung di dalamnya sangat positif dan memiliki nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat.
01509501206 | ALI n | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain