Skripsi
RAGAM BAHASA IKLAN NIAGA DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBALAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA 1 NEGERI BANDAR
Kata kunci: ragam bahasa, kata baku, iklan
Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurutu topik yang dibicarakan. Kata baku adalah kata yang menjadi standar dalam penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, sudah pasti terdapat dalam kamus yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Iklan merupakan bentuk komunikasi dari seseorang, instansi, atau perusahaan yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Identifikasi data yang diangkat dalam penelitian ini adalah bentuk ragam bahasa iklan niaga di televisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan bahasa dan ragam bahasa iklan niaga di televisi serta implikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya berupa iklan niaga di televisi. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis datanya menggunakan metode padan. Teknik penyajian hasil analisis datanya menggunakan metode informal.
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa bentuk ragam bahasa iklan niaga di televisi yang sering muncul terdapat perbedaan yang tergolong dalam bahasa iklan baku dan non baku terdapat data yang belum tertulis. Hasil penelitian tersebut terdapat data ragam bahasa iklan tergolong dalam ragam bahasa baku yang lisan terdapat 30 data dan ragam bahasa iklan tergolong dalam ragam bahasa non baku yang tertulis terdapat 10 data.
Hasil analisis penelitian ini memberikan bentuk bahwa ragam bahasa iklan niaga di televisi harus dipahami terlebih dahulu, maka penulis menyarankan perlu dilakukan sebuah penelitian lebih lanjut tantang ragam bahasa iklan untuk mengetahui lebih banyak ragam bahasa iklan niaga di televisi, sehingga bisa lebih tepat digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk siswa tingkat SMA
01509501208 | NOV r | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain