Skripsi
ANALISIS STRUKTURAL KUMPULAN PUISI SAJAK-SAJAK SEPATU TUA KARYA W.S RENDRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAPPEMBELAJARANSASTRA INDONESIA DI SMA
Kata kunci :Unsur struktural, puisi dan implikasi
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah analisis struktural kumpulan puisi Sajak-Sajak Sepatu Tua karya W.S Rendra, (2) Bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan unsur struktural kumpulan puisi Sajak-Sajak Sepatu Tua karya W.S Rendra dan mendeskripsikan bagaimana implikasinya terhadap pembelajaran di SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan deskriptif yaitu cara menganalisis dengan melihat kenyataan yang ada selanjutnya mencari hubungan dengan pendekatan secara logis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kumpulan puisi Sajak-Sajak Sepatu Tua karya W.S Rendra. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa larik dan bait pada kumpulan puisi Sajak-Sajak Sepatu Tua karya W.S Rendra.
Hasil penelitian menunjukan bahwa unsur struktural dalam kumpulan puisi Sajak-Sajak Sepatu Tua karya W.S Rendra meliputi unsur fisik dan unsur batin. Unsure fisik dalam sebuah puisi meliputi (1) Diksi, (2) Pengimajian, (3) Kata konkret, (4) Majas, (5) Versifikasi, dan (6) Tipografi. Unsur batin meliputi (1) Tema, (2) Nada, (3) Perasaan, dan (4) Amanat.
Puisi-puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Sajak-Sajak Sepatu Tua karya W.S Rendra sangat bervariasi sekali dalam unsur struktural. Berdasarkan unsur pembangunnya W.S Rendra pada prinsipnya menggunakan kata-kata sehari-hari. Kata-kata tersebut disusun sehingga membentuk unsur struktural yang memiliki keindahan lahiriah bahasa misalkan irama yang hidup, tekanan kata-kata yang nyata, permainan bunyi dan perbendaharaan katanya sesuai dengan siswa di SMA. Implikasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra di SMA yaitu adanya keterkaitan antara empat aspek ketrampilan berbahasa dan apresiasi siswa pada sastra. Empat aspek ketrampilan tersebut ialah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
01509501294 | SEP a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain