Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X DI SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : keefektifan, media diorama, pembelajaran, menulis, karangan deskripsi.
Penelitian ini membahas keefektifan media diorama dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, pengukuran penggunaan media diorama dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, dan keterampilan menulis karangan deskripsi.
Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X SMA AL-Irsyad Kota Tegal 2012/2013, sedangkan datanya berupa gambar tiga dimensi. Data tersebut ditayangkan kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan metode wawancara dan observasi secara langsung.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Menghasilkan uji validitas dengan hasil 0,29 yang dinyatakan valid, (2) Uji reliabelitas dengan hasil 1.956 yang dinyatakan reliabel, (3) Penghitungan t-independen dengan hasil 5,97 yang menyatakan bahwa Ho ditolak, (4) penghitungan t- non independen dengan hasil 1,83 yang menyatakan bahwa Ho ditolak.
Hasil penelitian ini mampu menjawab permasalahan pada siswa dalam melakukan kegiatan menulis karangan deskripsi. Keefektifan media diorama dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas X SMA AL-Irsyad Kota Tegal, belum bisa digeneralisasikan pada semua SMA. Oleh sebab itu, penelitian keefektifan media diorama dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi ini perlu diteliti dengan populasi yang lebih luas. Penelitian itu tidak hanya dilakukan pada karangan siswa, tetapi dapat pula dalam pembuatan cerpen.
01509501272 | NOV k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain