Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci: model pembelajaran experiental learning, menulis, dan surat dinas.
Rumusan masalah (1) Bagaimanakah penggunaan model pembelajaran experiental learning dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru? (2) Apakah model pembelajaran experiental learning itu efektif dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran experiental learning dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru (2) Mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran experiental learning dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru. Jumlah responden yang diambil sejumlah 80 siswa yang dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen sejumlah 40 siswa yang diajar Dengan menggunakan model pembelajaran experiental learning dan kelas kontrol sejumlah 40 siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran experiental learning. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling atau teknik acak berkelompok. Penelitian ini bersifat kuantitatif, yakni menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes.
Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian pretes dan postes. Analisis dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t nonindependen dan uji t independen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t independen, kemampuan menulis surat dinas diperoleh thitung = 41,34 sedangkan ttabel taraf signifikansi 0,05 dan df 40+40-2= 78 = 1,67. Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran experiental learning dapat meningkatkan kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Simpulannya, yaitu pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan model pembelajaran experiental learning lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran experiental learning. Dengan demikian, model pembelajaran experiental learning dalam pembelajaran menulis surat dinas pada kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 sangat efektif.
01509501177 | AZI k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain